Mbois Puoll, Aremanita Antarkan Jatim Juara Umum Panahan

0
166
Pemanah asal Kabupaten Malang, Bunga Arbela (podium paling atas), sukses mengantarkan Jatim menjadi juara umum panahan PON. (Muhammad Choirul)

MALANGVOICE – Pemanah asal Kabupaten Malang, Bunga Arbela, memastikan Jatim membawa pulang gelar juara umum cabor panahan PON XIX/2016 Jabar. Hasil itu didapat setelah Bunga menggenapkan raihan Jatim menjadi enam emas, empat perak, dan empat perunggu.

Emas ke-6 dari Jatim diraih Aremanita itu dari nomor nasional perorangan putri. Bunga menjadi yang terbaik usai mengandaskan pemanah Lampung, Suci Dwi, dengan skor 6-4 dalam partai final di arena panahan Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu (25/9).

Perjuangan Bunga tergolong dramatis. Betapa tidak, dia sempat kalah 27-28 di babak pertama, sebelum akhirnya menyamakan kedudukan 2-2 ketika memenangi babak kedua 27-24.

Bunga membalik kedudukan menjadi 4-2 setelah menang 27-25 di babak ketiga. Namun Suci masih menunjukkan perlawanan sengit, dengan kemenangan 26-27 pada babak keempat.

Di babak pamungkas, Bunga akhirnya menunjukkan tajinya. Ia mencatatkan poin 30 dan mengandaskan asa Suci yang hanya mengumpulkan 25 poin.

Selain satu emas penentu, pada ajang kali ini Bunga juga menyumbang tiga perak. Sementara itu, selain Bunga, lima sisanya diraih Riau Ega Agata dari nomor recurve perorangan putra, Ika Yuliana dari nomor recurve perorangan putri, serta tiga emas beregu di nomor compund putra, recurve putra, dan recurve putri.

Sukses Jatim ini sekaligus memupuskan harapan tuan rumah menjadi juara umum panahan. Jabar harus puas di peringkat ke-2 dengan empat emas, lima perak, dan tiga perunggu. Sedangkan tempat ke-3, diduduki kontingen Daerah Istimewa Yogyakarta yang mengoleksi dua emas, dua perak, dan empat perunggu.