Mbois, Malang Jadi Kota Udara Terbersih di Asia

0
155
Alun-alun Tugu Malang

MALANGVOICE – Warga Kota Malang patut berbangga. Pasalnya, kota pendidikan dan pariwisata ini berhasil terpilih menjadi salah satu dari lima kota di Asia yang dianggap memiliki udara terbersih.

Lembaga nonpemerintahan atau Non Government Organization (NGO) The Clean Cities Air Partnership Program (CCAP) yang diinisiasi oleh Clean Air Asia, memberikan sertifikasi udara bersih sekaligus terpilih dan ditunjuk menjadi area pilot (the pilot areas).

“Kota Malang masuk dalam satu di antara lima kota di Asia yang dianggap memiliki udara paling bersih,” kata Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH), Agoes Eddy Poetranto, beberapa menit lalu.

Selain kota Malang, empat kota lainnya yang terpilih adalah Kota Baguio, Kota Iloilo, state Rosa in Laguna di negara Philipina dan Kota Kathmandu di Nepal.

Agoes yang juga mantan Kasatpol PP itu menambahkan, jika penghargaan rencananya akan diberikan kepada Walikota Malang pada Rabu 12 Oktober 2016, saat Eksekutif Direktur Clean Air Asia berkunjung ke Kota Malang.

Sementara itu, Wali Kota HM Anton mengaku sangat bangga dengan adanya penghargaan tersebut, karena menunjukkan komitmen pemerintah dan masyarakat dalam upaya membuat asri, cantik dan nyaman di Kota Malang.

“Upaya menggalakkan penghijauan termasuk mengharuskan mahasiswa baru untuk menyumbangkan bibit tanaman, menciptakan kampung kampung yang asri dan bersinar seperti Glintung Go Green, membudayakan sekolah sekolah hijau (go green school), serta ragam gerakan hijau dan bersih (green and clean) lainnya, adalah bukti upaya pemerintah,” ujar Anton.