Mbois, Mahasiswa UM FMIPA UM Ikut Ujian Internasional Microsoft

0
161
Ujian sertifikasi calon guru FMIPA UM (ANJA)

MALANGVOICE – Puluhan mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Malang mengikuti ujian sertifikasi literasi teknologi level internasional yang digelar Microsoft.

Umar Khadafi, Direktur Penyelenggaraan Sertifikasi Microsoft, mengatakan, sertifikasi internasional soal teknologi sangat penting dimiliki mahasiswa FMIPA UM khususnya calon guru karena mereka harus paham penggunaan teknologi dalam kelas saat kegiatan pembelajaran.

“Semua jurusan pun tidak lepas dengan teknologi, apalagi FMIPA. Guru harus bisa memanfaatkan teknologi di dalam kelas seperti LCD, Laptop, bahkan smartphone siswa misalnya untuk menciptakan suasana belajar positif sehingga memotivasi siswa untuk belajar terus,” kata Umar.

Materi yang diujikan merupakan soal pilihan ganda seputar penggunaan teknologi. Mahasiswa peserta yang lulus sertifikasi akan mendapat sertifikat internasional ditandatangani oleh Direktur Utama Microsoft, Bill Gates di Amerika.

“Setelah lulus sertifikasi mereka akan dapat gelar MCE yaitu Microsoft Certified Educators. Gelar ini memang sudah aturannya begitu. Bisa disematkan di title mereka saat lulus. Misal, Anja Arowana MPd MCE,” kata dia.

Untuk diketahui, Microsoft sudah memberikan 16 ribu ujian pada 6 bulan terakhir di Malang. Artinya, minat dan kesadaran mahasiswa untuk mendapatkan sertifikasi internasional teknologi cukup baik. Microsoft berharap dan berencana untuk bekerja sama dengan kampus-kampus di Kota Malang.