Mbois! KKN 90 UMM Ajak Siswa MI Senyum Sehat dan Hidup Bersih

0
93
Mbois! KKN 90 UMM Ajak Siswa MI Senyum Sehat dan Hidup Bersih
Mbois! KKN 90 UMM Ajak Siswa MI Senyum Sehat dan Hidup Bersih

MALANGRAYA – Hari ini, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) 90 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar penyuluhan kesehatan, sikat gigi dan cuci tangan sejak dini bersama. Mereka melakukan itu di Desa Simbaringin, salah satu kawasan pendidikan yang terkenal di Kecamatan Kuterejo, Kabupaten Mojokerto

Peserta di acara penyuluhan ini adalah siswa-siswi kelas 1-3 MI Al- Mas’ud. Tujuannya untuk mengajarkan dan membiasakan anak- anak Desa Simbaringin hidup sehat sejak dini.

Tahap gosok gigi, mencuci tangan dengan benar diajarkan secara rinci oleh kakak-kakak KKN 90 UMM dengan konsep yang menarik yaitu bernyanyi bersama-sama tentang cara gosok gigi dan cuci tangan yang benar. Setelah bernyanyi bersama, siswa-siswi diarahkan ke lapangan untuk praktik gosok gigi dan cuci tangan.

Antusias siswa-siswi di MI Al- Mas’udy sangat ramai, penuh senyum ceria dari mereka. Acara senyum sehat sangat didukung oleh Kepala sekolah, guru para jajaran staf serta karyawan di sekolah tersebut. Hal ini ditekankan sebagai pola hidup bersih dan menjaga kebersihan diri sendiri untuk siswa- siswi, mengingat kurangnya kesadaran kebersihan di desa simbaringin masih rendah.

Selain itu KKN 90 UMM memberikan sikat gigi setiap siswa-siswi untuk langsung dipraktekkan di lapangan sekolah dan juga memberikan sovenir untuk siswa.

“Acara ini pertama kalinya disekolah MI Al- Mas’udy. Harapannya, acara ini dapat diterapkan di rumah agar terbiasa hidup sehat dan bersih untuk diri sendiri sejak dini. Mengingat sulitnya menjaga kebesihan sejak dini, maka dengan adanya acara Senyum sehat ini kepala sekolah dan guru-guru sangat terbantu untuk menyadarkan siswa-siswi bahwa hidup sehat sangat penting dan dapat dilihat oleh para orangtua untuk mengajarkan anak-anaknya hidup sehat dalam hal kecil terlebih dahulu,” papar kepala sekolah MI Al- Mas’udy, Muhammad Muhaimin SAg.