Masyarakat dan LSM Perlu Kawal Seleksi Direktur PDAM Batu

0
10
Sudarno. (istimewa)

MALANGVOICE – Ketua Good Governance Activator Alliance (GGAA), Sudarno, mengingatkan masyarakat Kota Batu agar memonitoring kinerja tim seleksi direktur PDAM.

“Kami dari GGAA juga mengawal proses ini, sehingga dapat memenimalisir tindakan atau penyalahgunaan wewenang dalam pemilihan direktur PDAM, dengan demikian tidak akan merugikan calon lain yang berkualitas,” kata Sudarno.

Menurutnya, keputusan wali kota untuk menentukan direktur juga tidak diatur dalam jadwal yang tegas. Hal ini dikhawatirkan memberi ruang adanya deal-deal tertentu antara calon dengan wali kota sendiri.

“PDAM Kota Batu merupakan BUMD yang saat ini cukup baik kinerjanya bila dibandingkan dengan BWR yang sampai detik ini tidak ada tindaklanjut dari wali kota untuk menghidupkannya kembali,” ulas Sudarno, dalam rilisnya.

Ia berharap tim seleksi juga tidak hanya formalitas dalam merekomendasikan calon kepada wali kota. Karena PDAM mengurusi air yang menjadi kebutuhan vital masyarakat, sehingga direkturnya harus kompeten.

“Dalam setiap tahapan, tim seleksi sangat perlu transparan. Mereka juga harus punya integritas dalam memberikan penilaian ditiap-tiap tahapan sehingga tidak terjadi transaksi jabatan,” tandasnya.-