Masyarakat Buta Program SKPD, Bappeda Genjot Sosialisasi

0
21
Kepala Bappeda, Wasto

MALANGVOICE – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Malang mengakui, selama ini masyarakat tidak mengetahui program Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD).

Akibatnya beberapa program yang diusulkan warga bisa saja berbenturan dengan program pemerintah, sehingga tidak terealisasi.

“Jadi selama ini masyarakat belum tahu program SKPD, ini yang coba kita pecahkan melalui skema sosialisasi,” kata Kepala Bappeda, Wasto.

Menurut dia, selama ini SKPD memiliki program tahunan sebagai bentuk rencana dan strategi (Renstra) pembangunan daerah. Acuannya rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) yang sudah digodok sebagai landasan program lima tahunan. “Capaian RPJMD itu dihitung setiap satu tahun anggaran,” tuturnya.

Karenanya, agar masyarakat mengetahui prorgam SKPD, perlu ada sosialisasi, sehingga nanti ada match program antara SKPD dengan masyarakat.

“Ini sudah kita lakukan untuk program 2017 mendatang, dan model ini akan kita kembangkan sehingga usulan masyarakat match dengan RPJMD yang ada,” ungkapnya.