Masakan Lebaran, Seperti Apa Kandungan Gizinya?

0
103
Opor ayam (anja)

MALANGVOICE – Makanan lezat mulai dari ketupat atau lontong, sayur ketupat, opor ayam, semur daging, gulai ayam hingga rendang, semua dihidangkan saat Lebaran.

Namun jangan sampai berlebihan, karena menurut seorang dietitian, Amalia Achmad RS MD, makan melebihi kalori yang dianjurkan yaitu 2000 kalori/hari untuk orang dewasa, bisa menyebabkan kegemukan.

Ia menyebutkan, kandungan gizi dalam sepiring hidangan lebaran yang terdapat Ketupat (119 kal), Gulai Ayam (246 kal), Sambal Goreng Udang Petai (127 Kal), Rendang Hati (90,1 kal), Opor Ayam (253,6 kal) dan Semur Daging (162 kal).

“Coba hitung sendiri berapa jumlah kalori yang sudah dikonsumsi sebesar 997.7 kal. Belum lagi kalau ingin nambah, apalagi ditambah dengan camilan kue, minuman serba manis dan makanan penutup lainnya, tentu lebih besar lagi jumlah kalori yang dikonsumsi,” papar dia.

Alangkah baiknya, lanjutnya, sebelum menikmati menu utama, makanlah buah-buahan karena bisa menahan nafsu makan.

Ia menyarankan untuk menyantap ketupat dalam porsi kecil, misal 3-4 potong saja dengan lauk dalam porsi sewajarnya. Saat mengambil lauk, cukup ambil sepotong saja tanpa atau sedikit kuah.

“Setelah makan menu utama, lebih baik tidak menyantap kue, minuman atau hidangan penutup yang manis-manis,” tuturnya