Manfaatkan Momen, Disbudpar Kab ‘Tarik’ Peserta ICCC ke Candi Singosari

0
80
Singosari, salah satu destinasi yang dikenalkan pada peserta ICCC.
Singosari, salah satu destinasi yang dikenalkan pada peserta ICCC.

MALANGVOICE – Pemerintah Kabupaten Malang melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) akan mengajak sebagian peserta Indonesia Creative Cities Conference roadshow candi di Malang, agar peninggalan sejarah itu bisa lebih populer sebagai salah satu destinasi wisata.

“Kami telah koordinasi dengan Disbudpar Kota Malang. Nantinya ada 40 travel agent dari Belanda yang akan kita ajak keliling 3 candi di Kabupaten Malang, Singosari, Sumberawan, dan Kidal,” jelas Kepala Disbudpar Kabupaten Malang, Made Arya Wedhantara.

Made menjelaskan, dalam lawatan tiga candi itu, Disbudpar akan memperkenalkan sejarah kerajaan Singosari yang orang tidak banyak tahu. Kerajaan yang terkenal dengan Ken Arok itu dipilih karena menjadi kerajaan besar di Malang dan memiliki sejarah yang mengoneksikan antara Jawa dengan Bali

“Cikal bakal Kerajaan Majapahit ada di Singosari. Itu salah satu yang akan kita kenalkan. Selama ini wisatawan asing yang datang hanya ke beberapa destinasi saja, misalnya Toko Oen, padahal destinasi lain juga cukup banyak dan menarik,” urai dia.

Selain penjelasan, para travel agent peserta ICCC tersebut juga akan diajak membaca relief di Candi Kidal yang merupakan pendarmaan atau penghormatan terhadap Anusapati, Raja kedua Singosari.