Malang Siap Cetak PRT Berkualitas

0
112
PRT mendapat pelatihan dari ILO. (deny)

MALANGVOICE – Semakin berkembangnya zaman, permintaan pembantu rumah tangga semakin tinggi. Karena itu, persaingan mendapat asisten rumah tangga juga semakin ketat.

Karena itu, International Labour Organization (ILO), meluncurkan program pelatihan pertama di Jatim. Sekitar 90 PRT se Malang Raya, diberi pelatihan mulai hari ini. Program itu ditujukan agar meningkatkan standarisasi PRT hingga mengubah kehidupan mereka.

Para PRT yang terdaftar menjadi peserta pelatihan, akan menjalani serangkaian kegiatan hingga Desember mendatang.

Deputi Direktur ILO Indonesia, Michiko Myamoto, mengatakan, perbaikan kualitas PRT saat ini dirasa penting karena kebutuhan dan perkembangan zaman. Menurutnya, PRT adalah pendukung keluarga yang sangat penting.

“Mereka bisa menangani apa saja, dengan alat apa saja dan siapa saja. Harapan kami seperti itu,” kata dia, Selasa (4/10).

Pelatihan itu akan dilakukan di Sanggar Kegiatan Bersama (SKB), di Jalan LA Sucipto, Blimbing, Kota Malang. Mereka akan diberi tambahan keterampilan memasak, menggunakan mesin cuci otomatis, merawat orang tua dan anak serta pelatihan lain.

“Peningkatan kualitas berdasar standar kompetensi nasional dapat meningkatkan status PRT sebagai profesi diakui,” harapnya.