Malang Bakal Tuan Rumah ICCC 2016

0
62
Kadisbudpar Kota Malang Ida Ayu Wahyuni saat kembuka MCP Music Festival, kemarin (Minggu, 20/12/2015)

MALANGVOICE – Perhelatan pameran industri kreatif skala nasional ketiga, Indonesia Creative Cities Conference (ICCC) akan digelar di Malang bertepatan dengan ulang tahun Kota Malang tahun 2016 mendatang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kota Malang, Ida Ayu Wahyuni, mengatakan, Kota Malang dipilih sebagai lokasi penyelenggaraan karena dari 14 sektor industri kreatif, semuanya terdapat di Malang.

“Diantaranya desain grafis, kuliner, musik, tari, fashion, film, seni rupa, dan animasi,” rinci dia.

Ia menegaskan, Kota Malang telah siap 80 persen sebagai tuan rumah. Kekurangan yang masih harus diselesaikan adalah menentukan lokasi pameran yang rencananya akan dihelat pada 1-4 April 2016 tersebut. Saat ini, tempat yang menjadi rujukan adalah stadion Gajayana Malang.

“Nanti delegasi dari Bandung dan Semarang akan ke Malang untuk melakukan survey dan koordinasi. Nantinya lihat rekomendasi mereka untuk lokasi. Yang jelas outdoor. Bisa di Stadion Gajayana, bisa juga tempat lain misalnya Lapangan Rampal,” urai dia.

Ida Ayu menambahkan sebagai kota ketiga, pihaknya menargetkan kepesertaan bisa naik dua kali lipat dari tahun sebelumnya atau sebanyak 130an peserta kabupaten/kota atau sekitar 500 orang.

Saat penyelenggaraan ICCC di Surakarta lalu, peserta kabupaten/kota mencapai 65 daerah. Sebelum di Surakarta, ICCC digelar di Bandung.

“Kepanitiaan nantinya terdiri dari beberapa SKPD, mulai dari Bappeda, Disbudpar, Disperindag dan Dinkop,” imbuhnya.

ICCC merupakan ajang berkumpulnya para pelaku industri kreatif yang berada di bawah Badan Industri Kreatif Indonesia. Di ICCC nantinya akan digelar berbagai kegiatan mulai dari pameran hingga show.