Malang Anyar: Gugatan Penyalahgunaan APBD Sangat Relevan

0
32
Ilustrasi surat suara dalam Pilkada Malang yang sampai saat ini masih polemik (istimewa)

MALANGVOICE – Kuasa Hukum Malang Anyar, Togar Manahan Nero, menyatakan, gugatan terkait penyalahgunaan APBD yang dilayangkan ke Mahkamah Konstitusi (MK) sangat relevan.

Menurutnya, anggaran untuk rakyat seharusnya tidak digunakan mendukung pasangan calon untuk meraih suara rakyat. “Ini rekayasa APBD Perubahan untuk kepentingan Pilkada lho,” tegas Nero, saat dihubungi melalui selulernya.

Dia memaparkan, penyalahgunaan APBD yang dilakukan Paslon nomor 1 berpotensi besar untuk mempengaruhi perolehan suara dalam Pilkada. Kepentingan politik ini harusnya dibatasi, jangan sampai menggunakan uang rakyat.

“Hal itu justru lebih berbahaya, dari pada kami melaporkan soal money politics. Jadi sengaja persoalan ini kami bongkar, karena sangat berbahaya,” ujarnya lagi.

Ya diajukan ke MK, kata dia, permohonan untuk membatalkan hasil rekapitulasi KPUD. Dengan begitu seluruh masyarakat akan tahu bahwa ada upaya penggunaan APBD yang bukan pada peruntukannya.

“Jadi tujuan kami lebih besar, agar persoalan ini tidak dilakukan lagi. Masyarakat harus tahu juga, ternyata APBD bisa dimanfaatkan untuk kepentingan politik,” tandas Nero.