Malam Ini, Sistem CIM Dipasang di Stasiun Kota Baru Malang

0
55
Penggunaan sistem CIM. (deny)

MALANGVOICE – Malam ini Stasiun Kota Baru Malang, akan memasang sistem Check-In Mandiri dan Boarding untuk memudahkan penumpang agar tidak kesulitan bertransaksi tiket.

Pemasangan itu direncanakan dimulai usai pemberangkatan terakhir kereta api. Tujuannya agar tidak mengganggu calon penumpang. “Ya, mesin sudah datang dan segera dipasang,” kata Kepala Stasiun Kota Baru Malang, Suprapto, beberapa menit lalu.

Sistem CIM ini sebelumnya telah diterapkan di wilayah PT KAI lainnya, seperti Daop 2 Bandung pada 18 Maret, Daop 5 Purwokerto pada 19 Mei, Daop 6 Yogyakarta pada 8 Juni serta Daop 7 Madiun pada 23 Juni 2016.

Dengan sistem itu, calon penumpang hanya tinggal Check-In dengan mengetik kode booking yang tercantum pada bukti transaksi pemesanan tiket di mesin CIM.

Selanjutnya, mesin CIM akan mengeluarkan Boarding pass yang tercantum nama, nomor Identitas penumpang, nama dan tujuan KA serta jadwal keberangkatannya.

Diharapkan dengan pemberlakuan sistem itu, dapat menghilangkan peredaran tiket KA palsu dan semakin meningkatkan ketertiban serta peningkatan pelayanan penumpang KA.