Makanlah Buah dan Sayur, Sebelum Obat Jadi Makananmu!

0
12
Makanlah Buah dan Sayur, Sebelum Obat Jadi Makananmu!
Makanlah Buah dan Sayur, Sebelum Obat Jadi Makananmu!

makanlah-buah-dan-sayur-sebelum-obat-jadi-makananmu

MALANGVOICE – Kampung Glintung Go Green menggelar seminar kesehatan masyarakat dan obat herbal, Sabtu (12/11). Bertempat di Glintung gang IV, seminar ini menghadirkan Nur Santi Dwi Arimbi dari Harmony Herbal Yogyakarta, sebagai pembicara.

Dalam paparannya, perempuan yang akrab disapa Arimbi itu terkesan dengan antusias warga. Hal ini terlihat saat warga mengikuti penyuluhan, fokus warga sepenuhnya ke narasumber, bahkan mereka meminta penambahan waktu.

Dalam beberapa kali paparan, Ketua RW Kampung 3G, Bambang Irianto selalu mengatakan, kesehatan menjadi perhatian serius pengurus perangkat kampung setempat. Ujung proses pembangunan lingkungan ini adalah kesejahteraan masyarakat melalui green business dan kesehatan masyarakat dengan pola hidup sehat.

“Karena itu, mindset warga harus berubah untuk menolong dirinya sendiri melalui gotong royong, dan dimulai dari yang paling mudah, dari diri sendiri, dimulai sejak sekarang,” imbuhnya.

Arimbi sendiri, beberapa waktu lalu sempat mengidentifikasi jenis tanaman di Kampung 3G. Menurutnya, ada 60 varietas tanaman liar yang bisa menjadi makanan nutrisi, sekaligus berfungsi sebagai obat. Hal itu sudah dianalisis di Yogyakarta.

Pelatihan kali ini sekaligus menjawab semboyan kampung 3G, ‘Makanlah Buah dan Sayur sebagai Makananmu, Sebelum Obat Menjadi Makananmu’. Arimbi yang ahli dalam makanan herbal ini, sebenarnya berharap banyak remaja hadir, karena kebanyakan kasus-kasus kesehatan pada remaja sejatinya belum banyak diketahui.

“Seperti menstruasi pada remeja wanita, migrain, gangguan mata, gangguan kulit, dan lain lain. Terlepas dari itu, saya berpesan semoga warga dapat hidup sehat, memanfaatkan tanaman di sekitar rumah,” pungkasnya.