Mahasiswi STIKI Raih Full Scholarship ke Korea Selatan

0
30

MALANGVOICE – Upaya STIKI Malang menuju Internasionalisasi mulai menampakan hasil, terbukti dengan diterimanya 2 mahasiswi, Syntia Listio yang mendapatkan Korean Government Sholarship Program 2016, dan Titah Tri Puspita SKom yang mendapat Full Scholarship dari Sun Moon University.

Kedua Mahasiswa itu berangkat ke Korea, Jumat kemarin, bergabung dengan penerima full scholarhip dari berbagai negara.

Sejak STIKI membuka program Double Degree antara STIKI dengan Sun moon University, banyak peminat mahasiswa baru telah mendaftar di program ini, karena selain mendapat 2 gelar (SKom dan Bachelor of Informatics), mereka mendapat pengalaman tentang budaya dan bahasa Korea.

Ada salah satu mahasiswa STIKI juga telah mendapat beasiswa program Summer Camp, yakni Vincent Putra Gunawan, pada semester sebelumnya.

Kebanggan itu disampaikan Ketua STIKI, Dr Eva Handriyantini SKom MMT, usai melepas keberangkatan 2 orang mahasiswi itu, di ruang B1.1 Kampus STIKI Malang.

“Kami sudah memiliki Sister School (SMA-SMK yang sudah Mou kerja sama pendidikan) untuk mengirim siswa mereka yang akan menempuh program double Degree di STIKI dengan menempuh 4 semester di STIKI dan 4 Semester di Sun Moon University Korea Selatan,” tuturnya.

Sementara Syntia Listio, yang mendapat KGSP (Korean Government Sholarship Program) 2016, mengaku sangat senang dan berterima pada semua pihak yang membantu keberhasilan ini.

Fasilitas yang saya terima semua free, mulai dari living cost, tiket pulang pergi, asuransi dan belajar bahasa Korea 6-12 bulan.

Sementara itu alumni STIKI, Titah Tri Puspita SKom, mendapat beasiswa penuh dari Sun Moon University pada program Master Bahasa Korea (S2) dan juga mendapatkan free semua biaya bahkan mendapatkan pekerjaan sebagai penerjemah bahasa Korea – Indonesia.

Titah Tri Puspita mengaku, ini anugerah dari Tuhan Yang Maha Kuasa, akhirnya cita-cita saya terkabul dan berhasil mendapatkan beasiswa ini setelah melalui tahapan seleksi yang ketat di tingkat Indonesia dan internasional.

“Semoga saya berhasil mewujudkan cita-cita saya menguasai bahasa dan budaya Korea. Saya ucapkan terima kasih atas pencapaian yang telah saya inginkan sejak SMP, khususnya Unit KUI (Kantor Urusan Internasional) STIKI Malang yang berperan aktif membantu saya hingga memasuki awal kuliah di Korea Selatan pada Maret 2016 ini,” tutur mahasiswi STIKI yang lolos test TOPIK level 4 ini.