Mahasiswa Unisma Kembangkan Sayur Organik di Lahan Kos

0
173
Mahasiswa Unisma. (istimewa)

MALANGVOICE – Universitas Islam Malang (Unisma) kembali menorehkan prestasi melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) skim Kewirausahaan yang dilaksanakan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Dirjen Belmawa Kemristek dikti).

Mahasiswa yang memiliki kreasi baru itu adalah Andisukisman, Fauzul Anam, Nur Hasan Arifin yang berasal dari Fakultas Pertanian serta Ely Umitasari dan Nurul Hidaya dari Fakultas Ekonomi.

Mereka memanfaatkan lahan kos seluas 2 x 1 meter untuk usaha sayuran organik berkonsep urban farming. Urban farming adalah praktik budidaya, pemrosesan, dan disribusi bahan pangan di atau sekitar kota.

Para mahasiswa itu memanfaatkan lahan kos mereka agar lebih efektif dan terjangkau dalam melakukan pemeliharaan.

Sayuran organik yang sudah ditanam dari kelompok mahasiswa dengan dosen pendamping drh. Nurul Humaidah, M.Kes., dosen peternakan, beragam antara lain bayam merah, kangkung, seledri, selada, serta sayur putih.

Sejauh ini, pemasaran yang dilakukan sudah melalui pusat perbelanjaan dan daerah sekitar kampus Unisma. Manfaat dari sayuran organik ini sangat banyak seperti memiliki kandungan gizi yang tinggi, lebih segar dan tahan lama, baik untuk perkembangan anak dan lain-lain.

“Tanaman ini butuh waktu rata-rata satu bulan untuk panen. Dan kami melakukan pengontrolan setiap dua kali sehari. Satu polybag diisi dengan 30 benih melalui media tanah,” paparnya.

Tujuan dari PKM ini sungguh mulia yaitu untuk mengurangi beban orangtua serta melatih jiwa kewirausahaan.

“Ke depan kami ingin memanfaatkan lahan luas, dan nantinya kami merangkul masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan untuk ikut dalam mengelola sayur organik.” Tutup Ely.