Mahasiswa UMM Gagas Jodipan Apik dan Berwarna

0
83
Jodipanes membersihkan pembatas Sungai Brantas, sebelum melakukan pengecatan bersama.

Oleh: Salis Fitria *)

MALANGVOICE – Bertema ‘Decofresh Warnai Jodipan’. Praktikan Guys Pro mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Mnenyelenggarakan program tanggung jawab sosial di RT 06, 07, dan 09, RW 02, Kelurahan Jodipan, Kecamatan Blimbing, hari ini.

Kegiatan yang dilaksanakan di lapangan RT 7 RW 02 itu juga mengundang jajaran Indana Paint selaku client dan donator utama pelaksana kegiatan, petinggi Kepolisian Resort Kota Malang, Kepolisian Sektor, jajaran Komandan Distrik Militer, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Malang, kelurahan, Komunitas Turu Kene, serta Ketua RW dan RT.

Ketua pelaksana, Nabila Firdausyiah, dalam rilis yang dikirim ke Redaksi MVoice, menyampaikan, program itu berangkat dari hasil riset yang menunjukkan bahwa 90% warga kelurahan Jodipan kerap membuang sampah ke sungai. Berdasar itu, sebagai mahasiswa praktikan yang berkecimpung di dunia public relations, hal itu menjadi perhatian delapan anggota Guys Pro untuk menciptakan lingkungan Jodipan bersih, indah, nyaman, dan berwarna.

“CSR ini juga akan menjadi inisiasi client kami untuk membuat program yang berkelanjutan bagi warga kedepannya,” jelas mahasiswa angkatan 2013 itu.

Dia juga mengatakan, beberapa permasalahan warga adalah kondisi Tempat Pembuangan Sementara (TPS) jauh dari lokasi rumah warga. Hal itu membuat warga enggan dan memilih cara praktis.

Latar belakang itulah yang kini digagas Guys Pro untuk menciptakan perubahan bagi Jodipan. Lingkungan yang indah dan berwarna bisa menjadi daya tarik warga lebih peduli terhadap kondisi sampah.

Kegiatan dibuka dengan Jodipan Resik (kerja bakti Jodipan), dilanjutkan pembukaan secara resmi Decofresh Warnai Jodipan yang di pandu host. Ada pula Safari Jodipan dari tamu undangan dari RT 06, 07, dan 09 didampingi ketua RW, menjelaskan kondisi Jodipan dan harapan yang diinginkan kedepannya.

Acara dilanjutkan dengan lomba melukis gerabah siswa didampingi ibu-ibu. Sedangkan di dekat lokasi yang sama, warga turun di daerah bantaran sungai untuk melakukan pengecatan pembatas sungai dan rumah warga.

Pada kesempatan itu, Ketua Rukun Warga (RW), S Parin, memaparkan, hadirnya program itu menjadi berkah bagi wilayahnya. Bagaimana tidak, berulang kali ia meyakinkan diri bahwa Jodipan RT 06, 07, dan 09 akan berubah menjadi kelurahan yang lebih menarik.

“Setelah Saya liat rancangan design Guys Pro, Jodipan kedepannya akan lebih menarik dan menjadi perhatian banyak kalangan,” paparnya bangga.

Sementara itu, dalam sambutannya, Steven Antonius Sugiarto, memaparkan, kegiatan akan dibantu secara sepenuhnya agar tujuan menciptakan Jodipan sebagai perkampungan yang bersih dan berwarna bisa terlaksana dengan sukses.

“Harapannya warga dapat bekerja sama untuk menjaga Jodipan tetap terus bersih dan peduli lingkungan,” ungkap pimpinan Decofresh itu.

*)Humas panitia Decofresh Warnai Jodipan