Mahasiswa STKW Beri Workshop Melukis Teknik Woodcut

0
9
Pemateri dan siswa-siswi SMPN 1 Pujon menunjukkan karya usai workshop. (istimewa)

MALANGVOICE – Puluhan siswa-siswi SMPN 1 Pujon belajar melukis dengan teknik woodcut atau cukil kayu di Galeri Raos, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Batu, sore tadi.

Dipandu pemateri dari mahasiswa Jurusan Seni Murni, Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta (STKW) Surabaya, mereka belajar teknik baru dalam melukis.

“Tujuan kami tentunya ingin mengenalkan kepada siswa-siswi di sini bahwa melukis itu tidak hanya di kertas atau kanvas, tapi di media harbot juga bisa,” kata Ketua Pelaksana Pameran, Lukman Arief.

Siswa-siswi tampak senang dan aktif dengan teknik baru itu. Bahkan, beberapa siswa yang tidak puas hanya melukis satu obyek, ingin menambah.

“Memang tadi para siswa antusias. Kami ajari langsung menggunakan media yang sudah kami sediakan hingga proses cetak dan bisa mereka bawa pulang,” lanjut Arief.

Kebanyakan siswa, hanya membuat tulisan-tulisan di atas harbot yang dicungkil. Hanya sedikit siswa yang berhasrat membuat lukisan menggunakan salah satu teknik melukis paling unik itu.

“Sebagai pembelajaran, saya rasa tidak masalah. Paling tidak mereka ada gambaran. Tapi asyik kok, siswa-siswi betah dan workshop ini jadi menyenangkan,” tandas Arief.-