Mahasiswa KKN 129 UMM Sosialisasi Cara Tepat Gunakan Obat

0
101
Saat sosialisasi (istimewa)

MALANGVOICE – Gema Cermat merupakan salah satu program dari Kementerian Kesehatan yang disosialisasikan oleh Kelompok Kuliah Kerja Nyata 129 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) di kampung Dadapan, Kabupaten Malang.

Gema Cermat merupakan akronim dari Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat yang dilakukan Divisi Kesehatan pada 2 Agustus kemarin, mulai pukul 16.00 WIB sampai selesai, di salah satu rumah warga kampung Dadapan.

Penyuluhan diikuti ibu-ibu setempat dan beberapa mahasiswa KKN 129 Universitas Muhammadiyah Malang. Materi Gema Cermat berkaitan dengan informasi tentang obat, cara menggunakan obat yang benar, dan efek samping dari obat.

Penyuluhan diadakan untuk mengedukasi masyarakat tentang penggunaan, perbedaan dan macam-macam obat. Karena banyak masyarakat yang menggunakan obat sembarang hingga berakibat overdosis.

Menurut Inge, ketua pelaksana sekaligus pemateri, Gema Cermat merupakan program dari Kementerian Kesehatan yang baru disahkan pada 13 November 2015 lalu, sehingga perlu penyuluhan merata ke masyarakat.

“Jadi kami merasa penyuluhan ini perlu dilakukan, mengingat masyarakat sangat minim informasi terhadap penggunaan obat yang benar terutama antimikroba,” katanya.

Masyarakat sangat antusias mengikuti penyuluhan ini, terbukti saat tanya jawab banyak masyarakat yang mengajukan pertanyaan kepada pemateri. Dan masyarakat mengakui memerlukan informasi ini. Seperti semboyan cara penggunaan obat Dagusibu yaitu Dapatkan Gunakan Simpan dan Buang.