Mahasiswa Ini Meraup Sukses dari Bisnis Sticker Anime

0
188
Koleksi sticker dan keychain (istimewa)
Koleksi sticker dan keychain (istimewa)

MALANGVOICE – Penggemar setia kartun Jepang atau Anime, biasanya mengoleksi segala macam bentuk marchandise seperti kaos, action figure dan sticker. Di Malang, Anime Lovers bisa mendapatkannya di Tatakae Official.

Sticker desain sendiri (istimewa)
Sticker desain sendiri (istimewa)

Berdiri sejak 2 September 2013, Tatakae Official dipopulerkan oleh 6 mahasiswa jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Negeri Malang (UM) yaitu Rosika, Icha, Bayu, Ishan, Manis, Hafiz.

Mereka mengaku ide membuat bisnis sticker hanya sekedar iseng menambah hiburan dan uang jajan selama kuliah.

“Sekalian main dan seneng-seneng aja sih,” kata Rosika kepada MVoice.

Sticker Tatakae Official dijual hanya di event-event khusus dan online. Biasanya mereka membuka stan hanya pada event Jejepangan saja.

“Kadang di Malang, di Bandung, di Surabaya. Selebihnya kita online,” katanya.

Mereka mengatakan, gambar pada sticker Tatakae memakai karakter-karakter Anime yang sedang populer semisal Naruto, Pokemon, hingga Doraemon.

Karakter-karakter itu ada yang sengaja didesain ulang oleh kru Tatakae dan adapula desain original sendiri. Kualitas sticker sangat bagus, karena di print di kertas jenis Vinyl anti air.

“Ada karakter yang original buatan kami. Istilahnya original character,” katanya.

Bukan hanya sticker, Tatakae juga menjual gantungan kunci dan phonecase (tempat HP). Semua produk sticker dan keychain dibanderol kisaran Rp 4000 – Rp 25.000. Untuk phonecase tentu jauh lebih mahal.

Dari bisnis sticker ini, kru Tatakae mengaku bisa mendapatkan keuntungan menggiurkan hingga jutaan rupiah tiap bulan karena sticker anime memang tidak pernah sepi peminat.