Mahasiswa Ini Diakui Dunia Berkat Odol Cangkang Telur

0
19
Rezha (istimewa)

MALANGVOICE – Mahasiswa Fakultas Teknik Kimia Universitas Brawijaya (UB), Malang, Jawa Timur, menyulap sampah cangkang telur menjadi pasta gigi kaya kalsium, dan menyabet penghargaan internasional.

Dialah Rhezaldian Eka Darmawan, penemu pasta gigi kaya kalsium bernama Exceldent, Eggshell Tooth Paste yang berhasil menyabet medali emas pada International Engineering Invention and Innovation Exhibition di Malaysia dan International Young Invention Award di Jakarta pada 2015.

Dari satu kilogram cangkang telur, Rheza mampu menghasilkan 360 gram pasta gigi. Pertama, selaput lendir pada cangkang dibersihkan agar tidak amis.

Setelah dicuci bersih dan dikeringkan, cangkang ditumbuk hingga halus layaknya tepung. Kemudian, tepung cangkang ini dicampur dengan bahan tambahan seperti magnesium karbonat, sorbitol atau pemanis dan bahan dasar membuat pasta gigi pada umumnya.

Hasilnya, dalam tes laboratorium pasta gigi buatan Rheza sangat tinggi kalsium. Exceldent mengandung 27 ribu part per milion (ppm) kalsium lebih tinggi dari pasta gigi umumnya yang hanya 22 ribu ppm.

“Exceldent tidak memakai detergen sehingga tak berbusa bila dipakai. Kandungan detergen dalam pasta gigi bisa mengakibatkan peradangan pada mulut dan mencemari air tanah,” papar Rheza ketika dihubungi MVoice.

Kini produksi pasta gigi cangkang telur Exceldent telah mendapat hak paten melalui UB. Rheza juga tengah mengurus proses uji aman konsumsi ke Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) serta sertifikasi halal ke Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Rencananya, pasta gigi dari cangkang telur ini akan diproduksi massal dan dipasarkan setelah semuanya perizinan lengkap. Bahkan, beberapa industri menyatakan tertarik untuk berinvestasi.