Mahasiswa Ingin Wirausaha, Ini Tipsnya!

0
466
Mahasiswa dan usahanya (anja)

MALANGVOICE – Selagi muda jangan takut berwirausaha. Begitu dikatakan Desi Suci, pemilik usaha kerajinan limbah kaca Herbochi Creative Store, di Kota Batu.

Nah, untuk melangkah menjadi usahawan, menurut dia, harus punya ide, dan jangan takut risiko rugi. Untuk itu, dia pun berbagi tips, seperti ini:

1. Sesuai Disiplin Ilmu

Kreativitas bisa dibangun dari disiplin ilmu. Misal, jika mahasiswa jurusan perternakan, bisa mencoba membuka usaha perternakan sekaligus menjadi objek penelitian. Mulai sekarang analisa usaha apa yang kira-kira diminati.

2. Seminar Kewirausahaan

Banyak hal non akademis yang bisa dipelajari. Ikuti seminar kewirausahaan agar dibekali dengan kiat-kiat memulai usaha, bagaimana agar bisa hidup sukses. Di seminar, kita bisa menemukan banyak teman baru yang memiliki minat sama untuk berbagi pengalaman dan informasi.

3. Kebutuhan Mahasiswa

Sebagai mahasiswa, kenali pangsa pasar bisnis. Membuka usaha sesuai dengan mahasiswa, adalah cara memulai usaha karena lingkungan kita pasti kebanyakan mahasiswa.

4. Rajin Menulis

Jika kekurangan modal, cobalah menulis proposal kewirausahan atau mengikuti lomba-lomba karya tulis ilmiah seperti PKM (Program Kreativitas mahasiswa ) di bidang kewirusahaan. Karya yang terpilih akan didanai oleh pemerintah.

5. Pantang Menyerah

Kunci dari keberhasilan adalah sifat pantang menyerah. Memulai usaha sendiri pasti mengalami banyak masalah dan rintangan. Jadi, jangan cepat berputus asa dan terus mencoba. Gagal sekali bukan berarti gagal selamanya.-