Mafi Fest 2016, Dokumentasikan Malang Lewat Film Dokumenter

0
49

MALANGVOICE – Mafi Fest (Malang Film Festival) tahun ini membawakan konsep program yang berbeda. Selain kompetisi pembuatan film, juga mengadakan program non-kompetisi, yaitu pelatihan pembuatan film dokumenter bertajuk Malang Sinau Dokumenter, pada 18-23 Januari 2016.

Menurut Yuli Lestari, programmer Mafi Fest, program pelatihan film dokumenter dilakukan, karena selama ini di Kota Malang belum terlalu berkembang.

“Dokumenter kan sifatnya riset dan observasional. Apa-apa yang ada di Malang, seperti kebiasaan orang-orangnya, semua bisa difilmkan,” katanya kepada Mvoice.

Selain itu, film dokumenter Malang yang diputar saat Mafi Fest bisa berguna untuk mengenalkan Kota Malang kepada peserta.

“Karena peserta Mafi mahasiswa dan pelajar dari Malang dan luar kota. Jadi film dokumenter bisa jadi alternatif untuk mengenalkan kota Malang pada mereka,” imbuhnya.

Malang sinau dokumenter

Untuk pelatihan, Mafi Fest bekerja sama dengan Kelas Film, salah satu rumah produksi film di Kota Malang. Sebanyak 20 peserta baik itu pelajar dan mahasiswa dilatih untuk membuat film dokumenter mulai dari tahap pra produksi, produksi, dan editing. Film hasil latihan akan diputar saat Mafi Fest 6-9 April 2016 nanti.

“Saya berharap film-film dokumenter bisa diapresiasi masyarakat, agar film makers pelajar dan mahasiswa menjadi semakin berkembang,” tutupnya.