Lusa, Layanan BI Libur Total

0
13
Kantor Perwakilan BI Malang (Shuvia Rahma)

MALANGVOICE – Berdasar siaran pers yang dirilis BI dalam website resminya, pada 24 dan 25 Desember mendatang, seluruh layanan perbankan baik di bank umum, BPR maupun Bank Indonesia akan ditiadakan. Layanan akan kembali normal pada Senin, 28 Desember mendatang.

Manager Unit Asesmen Statistik, Survei, dan Liason KPwBI Malang Siti Senorita Printaningrum mengatakan, libur juga berlaku untuk transaksi BI Real Time Gross Settlement (BI-RTGS), BI Scripless Securities Settlement System (BI-SSS), dan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI).

“Saat itu kan memang kalender cuti bersama ya, jadi liburnya pun biasa seperti saat libur weekend, tidak ada operasional terbatas. Perbankan juga secara otomatis akan mengikuti jadwal BI,” jelas perempuan yang akrab disapa Esy itu.

Perempuan berjilbab ini menambahkan, jam operasional terbatas akan diberlakukan pada akhir tahun dimana perbankan akan melakukan tutup buku. Biasanya, jam operasional akan dilakukan setengah hari, namun hal tersebut akan tergantung kebijakan masing-masing bank.

Dari pengumuman yang dilansir dari bi.go.id layanan pada 28-30 Desember akan berlangsung normal, sementara pada 31 Desember, BI-RTGS, BI-SSS akan dibuka pada 6.30 WIB, cut off warning pukul 18.00 WIB, pre cut off pukul 19.00 WIB, cut off BI-SSS pukul 19.30 WIB dan cut off BI-RTGS pukul 20.00 WIB.

“Ada penyesuaian waktu saat tutup tahun, namun di kegiatan perbankan disesuaikan kebijakan dan kewenangan masing-masing bank,” kata dia.