Lumpuh 14 Tahun Tanpa Tersentuh BPJS, Pramono Wadul Danlanud

0
56
Pramono, lumpuh 14 tahun
Pramono, lumpuh 14 tahun

MALANGVOICE- Ada kisah haru di balik pelaksanaan pengobatan gratis yang digelar Lanud Abdulrachman Saleh.

Pramono, warga RT 6 RW 1, Dusun Godean Krajan, Desa Toyomerto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, yang berobat di pengobatan gratis, datang menggunakan kursi roda, didorong salah satu kerabatnya.

Kepada Komandan Lanud Abdulrachman Saleh, Marsma TNI Djoko Senoputro, Pramono bercerita, dia sudah 14 tahun lumpuh dan menghabiskan hidupnya di atas tempat tidur dan kursi roda.

“Saya jatuh dari pohon kelapa dan mengalami patah tulang punggung dan sekujur tubuh,” ceritanya kepada Djoko, disaksikan perwakilan Kerukunan Warga Tionghoa.

Menurut Pramono, dia pernah menjalani operasi, tapi karena mahal, pasca operasi tak pernah lagi berobat ke dokter.

Bahkan dia juga tidak memiliki kartu dan tidak pernah tahu ada BPJS. Sehingga selama 14 tahun tidak pernah tertangani BPJS.

“Saya hanya menghabiskan sisa umur saya di tempat tidur,” kisahnya, hingga membuat Djoko meneteskan air mata.

Menyikapi itu, Djoko berjanji akan membantu Pramono mendapatkan BPJS. Dia juga langsung meminta asisten ahli bidang kesehatan rakyat, Prihadi Waskito, untuk membantu Pramono agar segera memiliki BPJS.

“Saya akan bantu agar bapak dapat segera memiliki kartu BPJS dan segera bisa berobat dengan biaya murah, untuk meringankan beban bapak,” tandas dia.