Longsor di Wringinanom Disebabkan Hujan Cukup Lama

0
4
Ilustrasi warga yang kerja bakti membereskan bencana longsor (istimewa)

MALANGVOICE – Hampir setiap hari hujan mengguyur wilayah Kabupaten Malang. Karena itu, Taruna Siaga Bencana (Tagana) menghimbau agar warga tetap siaga saat hujan turun dalam waktu yang lama.

Seperti longsor yang terjadi di Dusun Besuki, Desa Wringinanom. Humas Tagana, Ali Usman, mengatakan, awalnya hujan turun sejak sore. Malam sekitar pukul 18.30 WIB kemudian, longsor terjadi bermula dari rumah Arifin di RT 22 RW 05.

“Ini seperti tanah ambles. Jadi waktu hujan, bagian belakang rumah Pak Arifin, yakni dapurnya, longsor sehingga membawa sebagian bangunan, lalu menimpa rumah di bawahnya,” ungkap Ali saat dihubungi melalui selulernya.

Rumah Arifin sendiri berada di ketinggian, karena kontur wilayah Wringinanom merupakan perbukitan. “Kami juga waspada karena kejadian ini bisa kapan saja terjadi. Maka dari itu, warga juga harus waspada,” imbuhnya.

Ali membenarkan adanya beberapa rumah yang rusak akibat longsor tersebut. Seperti rumah milik Arifin, Handri, Samsuri, Suwoto, dan Sumali. “Ada yang rusak parah, ada yang ringan saja,” tandasnya.