Longsor di Batu Capai Tujuh Titik, Tiga Rumah Jadi Korban

0
65
Longsor
Suasana longsor di Kota Batu (fathul)

MALANGVOICE – Longsor di Kota Batu, semalam, ternyata tidak hanya terjadi di Dusun Ngebruk, Desa Gunungsari saja. Tetapi terjadi di enam titik lainnya sehingga menyebabkan beberapa jalan kecil putus.

Informasi yang didapat MVoice dari Pusat Pengendali Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, tujuh titik ini berada di wilayah Kecamatan Bumiaji, dan kebanyakan di Desa Brau.

suasana longsor di Kota Batu (fathul)

Longsor pertama ada di Dusun Ngebruk, Desa Gunungsari, yang menimpa satu rumah dengan korban luka dua orang. Keduanya sudah dirujuk ke Puskesmas untuk mendapat perawatan.

Longsor berikutnya ada di Mat Soli di Dusun Brau Bawah yang mengakibatkan tempok rumahnya tertimbun material longsor. Rumah Suwito di Dusun Brau Atas juga menjadi korban longsor sehingga rumahnya dalam posisi menggantung dan rawan ambrol.

Kemudian lima titik longsor lainnya menutup akses jalan penghubung Dusun Brau – Dusun Celaket dan Dusun Brau – Dusun Jantur.

Penanganan darurat sudah dilakukan tim BPBD sampai dengan dini hari tadi. Pembersihan material longsor yang menutup jalan dengan menggunakan alat berat sudah dapat menyelesaikan 4 titik longsor.

Sedangkan 1 titik longsor di pertigaan Dusun Brau Atas, belum dapat dilaksanakan dengan pertimbangan, longsor berada di lereng atas pemukiman penduduk dan kondisi tanah masih labil.

Untuk sementara, warga yang berada di bawah lereng longsor dievakuasi ke rumah tetangganya. Penanganan longsor direncanakan akan dilanjutkan hari ini dengan menggunakan alat berat yang lebih kecil untuk meminimalkan getaran tanah sehingga tidak terjadi longsor susulan.