Longsor, Akses Jalan di Lebakharjo Terputus 9 Jam

0
109
Kepala BPBD Kabupaten Malang, Hafi Lutfi (tika)

MALANGVOICE – Akibat longsor yang terjadi di Lebakharjo, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, kemarin malam, akses jalan menuju kawasan ini sempat terputus.

Setidaknya ada empat jalan terputus karena tertimbun material longsor, yakni jalan utama menuju Kota Malang, tikungan S dan dua jalan di Desa Sonowangi.

“Kami dibantu berbagai pihak, termasuk TNI dan Polri, membersihkan material longsor. Sejak longsor Minggu malam, pukul 20.15 WIB hingga pagi tadi, terhitung sembilan jam akses jalan terputus,” jelas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Hafi Lutfi kepada MVoice, beberapa menit lalu.

Menurut Hafi, akses jalan saat ini sudah bisa digunakan seperti semula. Hanya masih terbatas untuk roda dua. Sedangkan kendaraan roda empat harus dikendarai secara berhati-hati.

“Hingga kini kami belum bisa menghitung karena terkendala sinyal. Bisa berkomunikasi hanya melalui handy talky (HT) itupun masih kesulitan,” imbuhnya.

Hafi melanjutkan, saat ini pihaknya mengupayakan pembersihan menggunakan alat berat dari Dinas Pengairan dan Bina Marga.

“Sekitar tiga unit alat berat kami kerahkan untuk membersihkan material longsor. Kebanyakan batu dan kayu,” tegasnya.