Line Tracer Design and Contest, Kontes Tahunan Bergengsi Pencinta Robot

0
206
Robot Line Tracer (anja)

MALANGVOICE – Hari ini ratusan siswa dan mahasiswa se-Kota Malang meramaikan kegiatan Line Tracer Design and Contest ‘Futuristic Glowin Up the Battle’ di Sasana Budaya Universitas Negeri Malang.

Acara yang digelar Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik UM tanggal 28-29 September itu bertujuan mewadahi siswa yang berminat di bidang robotika.

Pembukaan oleh Sutiaji (anja)
Pembukaan oleh Sutiaji (anja)

“Diselenggarakan tiap tahun sejak tahun 2010, sekaligus memeringati ulang tahun FT UM ke 51 dan Dies Natalies UM ke 62,” kata ketua Panitia Nur Soba.

Wakil Walikota Malang, Sutiaji, turut hadir membuka acara. Sutiaji mengapresiasi upaya UM mewadahi kreativitas dan minat siswa di Kota Malang terutama dalam bidang Robotika.

Arena kontes robot (anja)
Arena kontes robot (anja)

Tercatat jumlah peserta kontes sebanyak 156 tim baik dari tingkat SMP dan SMA dari berbagai sekolah dibeberapa daerah Jawa dan Luar Jawa. Masing-masing tim sudah menyiapkan robot line tracer.

Aturan mainnya, robot peserta harus mampu berjalan tanpa error di arena yang sudah dipersiapkan panitia. Arena itu berupa bentangan alas berwarna putih dengan motif garis-garis hitam. Sensor robot harus bisa membaca garis dan berjalan melewati semua rintangan.

Lebih lanjut, Wakil Rektor 3, Syamsul Hadi, berjanji bagi siapapun yang menjadi juara 1 di lomba LTDC 2016, bisa masuk ke Jurusan Teknik Elektro UM melalui jalur prestasi.