Libur, Traffic Paket Meningkat

0
5

MALANGVOICE – Traffic pengiriman barang sepanjang Desember bulan berjalan mengalami peningkatan cukup signifikan. Berdasar data yang dirilis Kantor Pos Malang, sepanjang Desember kiriman pos mencapai 160.648 item atau naik 30 persen dari bulan lalu.

“Pada November, jumlah kiriman sebanyak 123.572 item. Di Desember hingga tanggal 22, jumlah kiriman sudah mencapai 160.648 item,” kata Manajer Penjualan Kantor Pos Malang, Syamsudin.

Ia mengatakan, kebanyakan paket kiriman didistribusikan ke beberapa kota di Indonesia. Terbanyak destinasi paket kiriman antara lain Jakarta, Solo, Makassar, Medan dan Manado. Pria yang hobi bermain gitar ini menambahkan, selain Natal, pengiriman juga dipengaruhi oleh wisatawan yang sedang berlibur. Hal ini bisa dilihat dari jenis barang yang dikirimkan.

“Ada makanan oleh-oleh khas Malang, baju Malang, dan souvenir. Jadi nggak cuma parcel,” rinci dia.

Syam menambahkan, angka pengiriman paket mulai terlihat sejak dua minggu sebelum Natal. Puncak pengiriman terjadi di H-3 Natal dan akan berlanjut hingga setelah Natal.

“Sampai H +3 masih ada kiriman parcel dan kartu ucapan. Tapi untuk kartu ucapan jumlahnya sangat kecil karena sebagian sudah termasuk dalam parcel,” imbuh Syam.

Untuk mengantisipasi kenaikan traffic pengiriman paket di liburan akhir tahun, Syam mengatakan akan memaksimalkan loket yang ada alias tidak ada loket tambahan. Jam operasional yang diperpanjang hingga pukul 22.00 WIB dinilai sudah mengakomodir masyarakat yang ingin mengirimkan paket.