Libur Akhir Tahun, Pesanan Tiket Sriwijaya Air Capai 70 Persen

0
8
Pesawat Boeing 737-300 milik Sriwijaya Air yang kini sudah digantikan seri terbaru, 737-800 NG.

MALANGVOICE – Liburan akhir tahun membuat aktifitas transportasi meningkat. Geliat itu telihat dari terus naiknya angka pemesanan tiket pesawat, salah satunya Sriwijaya Air.

Hingga hari ini (30/11), angka pemesanan tiket pesawat rute MLG – CKG (Malang – Cengkareng) dan sebaliknya, sudah terpesan sebanyak 70 persen di periode 23 Desember 2015 hingga 2 Januari 2016.

District Manager Sriwijaya Air, Muhammad Yusri Hansyah, mengatakan, jika berkaca dari tahun lalu, kemungkinan besar load factor (tingkat isian penumpang pesawat) bisa mencapai 100 persen saat mendekati penghujung tahun.

“Kebanyakan memang memesan tiket pulang pergi. Karena itu, kepadatan penumpang pesawat terjadi hingga H+2 tahun baru,” kata Yusri.

Pria yang memiliki saudara kembar itu juga menjelaskan, kendati load factor di akhir tahun meningkat, namun hingga saat ini belum ada arahan dari pusat untuk melakukan penambahan extra flight (penerbangan tambahan yang bersifat sementara), sehingga, Sriwijaya Air Malang akan memaksimalkan intensitas penerbangan yang saat ini tiga kali sehari.

“Intensitas penerbangan tetap tiga kali sehari. Tapi sekarang jumlah penumpang yang dibawa bisa lebih banyak karena pesawat kita lebih besar dari sebelumnya,” kata dia.

Sejak tiga bulan lalu, Sriwijaya Air memang mengganti pesawat Boeing 737-300 berkapasitas 148 penumpang dengan seri Next Generation 800 (NG800) yang berkapasitas 189 seat.

“Seat lebih banyak. Otomatis bisa mengangkut lebih banyak penumpang. Saat ini, tiket Malang – Jakarta di kisaran Rp 700 ribu hingga Rp 1,6 juta,” rinci dia.