Libas Barito 1-0, Hamka Hamzah Selamatkan Arema

0
96
Cristian Gonzales. (deny)
Cristian Gonzales. (deny)

MALANGVOICE – Hamka Hamzah jadi penyelamat Arema Cronus, usai mencetak gol di babak ke dua, yang sekaligus menjadi gol semata wayang pada pertandingan pekan ke-29 melawan Barito Putera, di Stadion 17 Mei, Banjarmasin, sore ini.

Gol bek sekaligus kapten Arema itu terjadi di menit 72. Dari sebuah kemelut di depan gawang tuan rumah, Hamka memanfaatkan posisi yang baik dengan menyontekkan bola dengan kaki kiri.

Sebenarnya sejak awal babak pertama, Barito memegang kendali permainan. Serangan demi serangan dilancarkan ke pertahanan Arema yang membuat kiper Achmad Kurniawan jatuh bangun mengamankan gawangnya.

Pertahanan kokoh dari Goran Ganchev dan Hamka Hamzah juga tak mampu ditembus Luis Carlos Junior.

Sementara itu tim Singo Edan bukan tanpa peluang, beberapa kali El Loco Gonzales mengancam gawang tuan rumah yang dikawal Imam Arief Fadilah. Serangan dari sayap yang dikreasi Dendi Santoso dan aliran bola tengah dari Esteban Vizcarra juga belum menemui sasaran.

Sama-sama bermain disiplin akhirnya memaksa pertandingan paruh pertama bermain tanpa gol, 0-0.

Di babak ke dua, Arema yang ingin tiga poin untuk memantapkan posisi puncak klasemen, langsung menggempur pertahanan Barito. Sayangnya, dewi fortuna belum berpihak pada skuat arahan Milomir Seslija itu.

Merasa buntu, Milo memasukkan Nick Kalmar menggantikan Dendi Santoso. Alhasil, serangan Arema lebih berbahaya dan inovatif. Beberapa peluang peluang pun banyak diciptakan.

Jual beli serangan pun terus dilakukan. Puncaknya, tim tuan rumah harus kebobolan kala terjadi kemelut di menit 72. Hamka lolos tanpa pengawalan di depan gawang, dengan mudah meneruskan bola ke jala Barito. Skor berubah 0-1.

Dengan gol itu, Arema semakin menggila. Penguasaan bola lebih banyak pada tuan rumah, yakni 57-43.

Sampai akhir babak ke dua, tim tuan rumah tak mampu menyamakan kedudukan dan berakhir dengan kemenangan 1-0 untuk Arema. Hasil itu membuat Singo Edan kokoh di puncak klasemen, dengan raihan 55 poin.