Lewat Pendayagunaan, Lansia Diharapkan Ambil Peran Pembangunan Kota Malang

0
16
Suasana pembahasan program Lansia di Kantor Dinas Sosial.
Suasana pembahasan program Lansia di Kantor Dinas Sosial.

MALANGVOICE – Tim Monitoring Program Lanjut Usia (Lansia) berkunjung di Kantor Dinas Sosial Kota Malang, Selasa (22/11). Rombongan dipimpin Ketua Komisi Daerah Lansia Provinsi Jawa Timur, Drs Edy Purwinarto, diterima resmi oleh Wakil Wali Kota, Sutiaji, didampingi Kepala Dinas Sosial Kota Malang, Sri Wahyuningtyas.

Edy Purwinarto menyampaikan, kedatangannya di Kota Malang bertujuan melakukan evaluasi dan meninjau langsung ke lokasi terkait program pemerintah yang pro terhadap Lansia, beserta data dan kelembagaannya.

Dia menambahkan, bakal ada 5 kelompok peninjauan sebagai tindak lanjut evaluasi ini, yaitu kelompok data dan kelembagaan, kelompok pelayanan keagamaaan, mental, spiritual dan kesehatan, kelompok pendidikan dan pelayanan lapangan kerja, kelompok pelayanan bantuan hukum dan akses kemudahan sarana prasarana, serta kelompok bantuan sosial dan perlindungan sosial.

“Kesemuanya itu, bertujuan agar segala upaya peningkatan pendayagunaan Lansia dapat tercapai. Diharapkan, Lansia dapat juga turut aktif berperan membangun Kota Malang dan Provinsi Jawa Timur” tambahnya.

Sementara itu, Sutiaji berharap, kedatangan Tim Komisi Daerah Provinsi Jawa Timur untuk monitoring program-program lansia di Kota Malang ini dapat memberikan satu catatan positif. Hal itu, lanjut Sutiaji, sebagai masukan atau bahkan kritik dan saran.

“Ini juga kami perlukan untuk makin meningkatkan pemberdayaan lansia,” ungkapnya.

Kota Malang sendiri telah memiliki Perda Nomor 13 tahun 2015 untuk Lansia yang lahir dari masyarakat. Dengan acuan itu, Sutiaji berharap para Lansia di Kota Malang juga mendapatkan jaminan untuk terus bisa beraktivitas.

“Motivasi yang terus kami gelorakan bagi teman-teman berusia lanjut adalah untuk tetap memiliki semangat agar dapat aktif beraktivitas, dan memiliki kesadaran untuk terus sehat serta mampu memanage pola pikir,” tandasnya.