Layar Sentuh Smartphone Anda Hang? Coba Cara Ini!

0
678
Terlalu banyak game menyebabkan hang (anja)

MALANGVOICE – Kendala yang kerap dialami smartphone user adalah layar sentuh (touchscreen) yang kurang responsif atau macet .

Menurut Adi Candra, teknisi service smartphone Comstar di Jalan Terusan Borobudur Malang, salah satu penyebab layar sentuh ponsel sering macet adalah RAM yang sudah terlalu terbebani. Jumlah aplikasi dan game yang terlalu banyak atau kapasitas RAM yang terlalu kecil adalah salah satu alasan kenapa RAM ponsel harus dibebaskan (refresh).

“Sebaiknya nggak usah terlalu banyak game. Hapus saja yang tidak pernah dimainkan. Lalu install aplikasi playstore task manager untuk keperluan refresh RAM,” katanya kepada MVoice beberapa menit lalu.

Cara lain adalah me-restart ulang setting smartphone kembali ke mode awal. Dengan cara ini beberapa aplikasi yang sudah di download akan hilang, tapi performa smartphone kembali seperti sediakala.

Terakhir, pertimbangkanlah untuk mengganti launcher, misalnya dengan memasang Apex Launcher, GO Launcher, atau launcher lain. Launcher ini bisa didownload gratis di Playstore.