Kurangi Jerawat, Ini Dia Caranya…

0
12
Jerawat jangan dipencet. (acnelite.com)

MALANGVOICE – Jerawat adalah masalah kulit yang sering ditemui, terutama pada remaja dan orang dewasa. Kebanyakan orang berjerawat tidak mau bersabar untuk mengatasinya. Ada yang memencet jerawat sehingga malah timbul bekas luka jerawat yang lebih parah.

Ada beberapa cara atasi jerawat, seperti perawatan topikal (dengan pembersih, cleanser, atau perawatan wajah) atau dengan pengobatan dari dokter kulit. Yang jelas, tak ada jaminan jerawat hilang sekejap. Butuh proses dan kesabaran. Berikut tips untuk mengurangi dan sembuhkan jerawat:

1. No Make Up
Jerawat disebabkan oleh bakteri dan infeksi pada pori-pori wajah yang tersumbat. Untuk mencegahnya sebaiknya hindari penggunaan make up berlebihan. Seperti primer atau foundation, memang bisa menutupi kekurangan pada wajah. Tapi, penggunaan jangka panjang terutama pada wajah yang sudah berjerawat malah menaikkan risiko jerawat dan memperparah kondisi jerawat.

2. Bersihkan dengan Cleanser
Sel kulit mati dan minyak pada wajah bisa menyumbat pori dan membentuk folikel kecil. Hal ini menyebabkan bakteri berkumpul dan menginfeksi wajah dan menyebabkan jerawat. Sebaiknya, sering cuci atau bersihkan wajah dengan sabun anti jerawat atau cleanser anti jerawat.

3. Kontrol Makanan
Makanan berminyak dan coklat adalah penyebab utama jerawat. Ada hubungan antara pola makan sehat dengan kesehatan kulit wajah. Sebaiknya perbanyak makan sayuran hijau dan buah. Kurangi karbohidrat, karena zat ini bisa memicu gula darah dan hormon insulin. Akhirnya, banyak minyak disekresikan wajah. Minyak berlebih ini sebabkan jerawat.

4. Jauhi Paparan Sinar Matahari
Memang sinar matahari sehat dn menstimulasi pembentukan vitamin D. Tapi, 20 menit di bawah sinar matahari bisa menyebabkan kerusakan pada kulit dampak dari sinar UVA dan UVB. Apalagi kulit berjerawat, sebaiknya tidak terlalu lama terkena sinar matahari karena akan sebabkan iritasi dan gatal.

5. Jangan Dipencet
Gemas dengan jerawat, bukan berarti seenaknya pencet jerawat. Memang jerawat bisa hilang, tapi hal ini malah timbulkan bekas luka jerawat yang lebih parah. Luka bekas jerawat lebih susah dihilangkan daripada jerawat itu sendiri. Bahkan sifatnya permanen.

6. Hindari Menyentuh Wajah
Menyentuh wajah tidak baik bagi yang berjerawat karena kuku dan tangan juga terdapat bakteri yang malah perparah kondisi jerawat.

7. Konsultasi pada Ahlinya
Memang banyak obat dan produk kosmetik yang bisa menyembuhkan atau mengurangi jerawat. Tapi beberapa juga bisa perparah kondisi jerawat. Sebaiknya konsultasikan dan berobat ke dokter kulit.

sumber: healthhype.com