Kurang Tenaga Kesehatan, Dinkes Buka Rekrutmen

0
142
Surat Rekrutmen Dinkes

MALANGVOICE – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang membuka rekrutmen tenaga kesehatan dan administrasi, tahun ini.

Kepala Dinkes, Asih Tri Rachmi, mengatakan, dari beberapa kualifikasi tenaga kerja, rekrutmen tenaga rekam medis sangat urgen, karena saat ini lima Puskesmas belum memiliki tenaga tersebut.

Rekrutmen Dinkes

“Satu Puskesmas akan kami beri satu tenaga rekam medik, sisanya untuk instansi lain,” kata Asih.

Tenaga rekam medis menjadi penilaian dalam proses akreditasi Puskesmas yang saat ini diajukan Dinkes. Keberadaannya mutlak diperlukan dalam pelayanan kesehatan yang profesional kepada masyarakat.

“Saat ini kami sedang dalam proses akreditasi, setelah itu Puskesmas bisa dipertanggungjawabkan,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Dinkes juga merekrut 14 orang tenaga promosi kesehatan yang tugasnya melakukan penyuluhan kepada masyarakat.

“Mereka lebih meningkatkan kesadaran masyarakat agar tidak jatuh sakit, semacan tindakan pencegahan,” ungkapnya.

Selama ini tenaga bidang promosi kesehatan jumlahnya hanya 10 orang, dan itu jauh dari ideal. Dicontohkan Asih, Kota Malang saat ini memiliki 653 Posyandu yang selalu minta pendampingan Puskesmas. “Tenaga kami hanya 10, kan kurang sekali,” ungkapnya.

Tak hanya dua tenaga itu, Dinkes juga membuka rekrutmen tujuh tenaga bidang lain, yakni dokter umum, dokter gigi, apoteker, perawat serta administrasi, akreditasi dan perizinan kesehatan, adminstrasi kesehatan ibu dan anak, serta adiminstrasi keuangan.