Kupang Keraton Laksamana Martadinata, Kuliner Legendaris Layak Coba

0
69
Warung Kupang BRI di Jalan Laksamana Martadinata
Warung Kupang BRI di Jalan Laksamana Martadinata

Warung Kupang BRI di Jalan Laksamana MartadinataMALANGVOICE – Kota Malang memang surga kuliner. Hampir semua jenis kuliner khas tersaji di berbagai sudut kota, salah satunya Kupang Keraton di Jalan Laksamana Martadinata (dekat Kantor Bank BRI). Warung yang terletak di pinggir jalan ini bisa dibilang legendaris, karena sudah eksis sejak 25 tahun lalu.

Olahan kerang dan kupang dengan petis yang khas, menjadi daya tarik tersendiri dari makanan khas wilayah Pasuruan tersebut.

Misrah (65), sang penjual, mengaku, untuk mendapatkan kualitas kupang dan kerang yang fresh, pihaknya sengaja bolak balik Malang – Pasuruan hanya untuk memanjakan lidah para konsumennya.

Ia tidak mau membeli kupang dan kerang yang tidak langsung dari nelayannya, karena kurang segar untuk disajikan. “Agar kupang ini segar saya harus dapatkan langsung dari nelayannya dan langsung saya masak untuk dijual,” kata Misrah kepada MVoice, dini hari tadi.

Tak hanya itu, bila Misrah tidak mendapat kupang dan kerang yang fresh hasil tangkapan dari laut, dia rela tidak berjualan, demi menjaga reputasi makanannya.

“Intinya saya tidak mau mengecewakan pembeli, saya selalu memilih bahan yang baru, mending saya libur kalau tidak ada kupang dan kerang yang masih segar,” timpalnya.

Kupang Keraton memang memiliki ciri khas, dibanding masalan kupang lainnya. Menggunakan bawang putih, lombok dan jeruk nipis sebagai bahan dasarnya, perpaduan antara kuah, petis dan olahan tiga bumbu dasar itu bisa menyatu dan menghasilkan rasa yang super mbois.

“Selain kupang juga ada sate kerang yang kami sajikan kepada pembeli,” tukasnya.

Warung legendaris ini, sempat mencicipi megahnya bioskop Garuda yang tenar di era 1980-an hingga 1990-an. Misrah mengaku, saat itu warungnya menjadi jujugan para warga yang keluar dari bioskop, usai menonton film.