Kunjungi Pemkot Batu, Komisi X DPR RI Pertanyakan Kendala Sektor Pariwisata

0
26
Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko, saat menerima Kunker Komisi X DPR RI.(Miski)

MALANGVOICE – Komisi X DPR RI melangsungkan kunjungan kerja (Kunker) ke Pemkot Batu, Jumat (23/9). Rombongan diterima langsung Wali Kota Batu beserta wakil dan Kepala SKPD.

Anggota Komisi X, Ridwan Hisjam, mengatakan, devisa pariwisata naik ke posisi empat dan pada 2016 ditarget berada di posisi tiga penyumbang devisa.

“Tahun 2019 sektor pariwisata diharapkan menjadi penyumbang devisa pertama,” kata dia, di Balai Kota Among Tani, beberapa menit lalu.

Kunker kali ini, jelas politisi Partai Golkar itu, untuk mendapat masukan terkait kondisi di daerah, kendala, serta masalah yang ada di Provinsi Jatim, khususnya di Kota Batu.

“Ini untuk mengetahui pelaksanaan kebijakan pariwisata pemerintah pusat. Tugas kami mengecek dan melihat langsung kondisi di daerah,” jelas dia.

Sementara Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko, berharap ada campur tangan pemerintah pusat, sehingga pengembangan pariwisata di Batu lebih baik. Salah satunya perbaikan infrastruktur.

“Kami mengalami keterbatasan anggaran untuk promosi besar-besaran. Namun, kami siap menjadi tuan rumah untuk kegiatan-kegiatan skala internasional,” jelas dia.

Sementara Kepala Bappeda, M Chori, mengakui, 34,26 persen Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) ditopang dari sektor pariwisata.

“Jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Batu sekitar 3,9 juta. Ke depan jumlahnya akan terus meningkat,” paparnya.