Kuliah Wirausaha, Dahlan Bahas Unta…

0
55
Dahlan Iskan saat memberikan kuliah umum kewirausahaan (fathul)

MALANGVOICE – Dahlan Iskan datang ke Pascasarjana UIN disambut histeris dari ribuan mahasiswa, sejak dari lift depan aula hingga ke panggung.

Seperti biasanya, Dahlan tampil energik, dengan kemeja hitam, celana putih susu, dan tentu saja, sepatu kets. Pertama bicara, ia mulai membahas unta pada zaman Rasulallah Muhammad SAW.

Mahasiswa yang sebelumnya duduk di kursi, langsung merangsek ke depan, rela ngesot depan panggung. Dahlan tertawa saja, lalu melempar pertanyaan sebelum memberikan materi.

“Siapa yang tahu, berapa mas kawin Nabi Muhammad saat menikah dengan Khadijah?” tanya Dahlan disambut ratusan angkat tangan.

Dahlan ingin mengajak ribuan peserta yang datang merenungi kisah hidup Nabi Muhammad pada usianya yang ke-25 tahun. Karena mas kawin Nabi Muhammad waktu itu 100 unta terbaik di masanya.

“Kalau dikurskan mungkin miliaran rupiah. Ini usia 25 tahun. Nah kita harus menyontoh nabi kita, dengan manajemen terbaik, yaitu berdagang dengan amanah,” jelasnya.

Ia juga menceritakan ihwal temannya yang beragama Katolik, yang bertanya; kenapa umat Islam yang nabinya seorang pedagang, tapi jarang yang jadi pedagang.