KPH Malang Kembangkan Konservasi Elang Jawa dan Owa

0
187
Administratur KPH Malang, Arif Herlambang (tika)
Administratur KPH Malang, Arif Herlambang (tika)

MALANGVOICE- Administratur Kawasan Penguasaan Hutan (KPH) Malang, Arif Herlambang, menjelaskan, dalam waktu dekat pihaknya akan membuka kawasan konservasi baru di Kabupaten Malang.

“Yang jelas dalam waktu dekat ini. Namun saya tidak bisa memastikan kapan akan dibuka observasi baru itu,” jelas Arif saat ditemui di Desa Sidodadi, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, hari ini.

Arif menjelaskan, saat ini KPH Malang sudah mulai menyiapkan tenaga ahli. Meski begitu, mengenai lokasi dan jenis konservasi sudah mereka tentukan.

“Ada dua lokasi yang sudah kami bidik untuk kawasan konservasi,” imbuh laki-laki humoris ini.

Lokasi itu adalah kawasan hutan di Coban Jahe, daerah Taji, dan Pandan Sari, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Sementara lokasi satunya ada di Gunung Arjuno, Kecamatan Lawang.

“Kami akan mengembangkan konservasi elang Jawa di Coban Jahe dan owa (sejenis kera) Jawa di Gunung Arjuno,” tegas dia.

Hingga saat ini, Kabupaten Malang sudah memiliki konservasi terumbu karang di Pantai Tiga Warna, Kondang Merak, Bolu-Bolu dan Teluk Kletakan.

Sementara untuk konservasi penyu laut di Pantai Watu Leter, Bajul Mati, dan Kondang Merak, dan hutan di Kondang Merak untuk konservasi lutung Jawa.

“Kawasan itu baru lima tahun ini kami kembangkan menjadi kawasan konservasi,” tandas laki-laki yang berkantor di Jalan Dokter Cipto, Kota Malang.