Kota Malang Bidik Adipura Paripurna

0
84
Wali Kota Malang, HM Anton

MALANGVOICE – Pemerintah Kota Malang kini fokus membawa pulang Piala Adipura Paripurna, penghargaan bidang kebersihan tertinggi.

Piala Adipura Paripurna sendiri merupakan kasta tertinggi Adipura yang dikeluarkan Kementerian Lingkungan Hidup, selain Adipura Kirana, Kencana, Bakti dan sebagainya.

Wali Kota Malang, HM Anton, mengatakan, pada 23 Juni mendatang akan memberi paparan di Kementerian Lingkungan Hidup terkait masalah ini. Ia optimis Adipura Paripurna bisa diraih Kota Malang, karena parameternya terpenuhi.

“Kami sangat optimis Adipura Paripurna bisa diraih, itu kebangaan kita bersama,” kata Anton, saat ditemui di Balai Kota Malang, beberapa menit lalu.

Dia juga menjelaskan, Kota Malang memiliki beberapa keunggulan yang akan disampaikan kepada Kementerian Lingkungan Hidup, salah satunya Bank Sampah Malang (BSM) yang kini jadi percontohan tingkat nasional.

Selain itu, Kota Malang saat ini juga menjalin kerjasama dengan Jerman untuk pengelolaan sampah menjadi gas metan, di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Supit Urang.

“Itulah yang akan kami sampaikan kepada kementerian terkait penangan sampah yang menjadi keunggulan Kota Malang,” tuturnya.

Selain penanganan sampah, Anton juga akan membeberkan pembangunan beberapa taman yang ditunjang kesehatan lingkungan dan kebersihan, sehingga terwujud sinergitas antara kebersihan dan keindahan wilayah.

“Piala Adipura Paripurna bisa kita dapatkan jika ada komitmen kuat dari pemerintah dan dukungan dari masyarakat,” tukasnya.