Komunitas Musik di Malang Harus Dihidupkan

0
82
Anang Hermansyah

MALANGVOICE – Kepedulian terhadap dunia musik tanah air, khususnya Kota Malang, kini sedang disuarakan berbagai pihak.

Musisi sekaligus anggota DPR RI, Anang Hermansyah, mengatakan, Malang harus bisa membangun kembali komunitas agar musik kembali bergairah.

Anang2

Diakuinya, kreatifitas dan taste warga Malang dalam dunia musik sudah sangat baik, sehingga perlu mempertajam hal itu dengan membangkitkan komunitas.

“Malang ini sudah punya jalan, sudah punya modal, mari ciptakan komunitas sendiri, ciptakan taste sendiri, kita gak bisa mengandalkan produser Jakarta ataupun pemerintah,” kata Anang, usai berdiskusi di Museum Musik Indonesia, sore ini.

Masuknya seni sebagai salah satu pilar industri ekonomi kreatif, harus ditangkap betul para musisi di Kota Malang, sehingga bisa menumbuhkan industri musik yang baik dan berkembang.

“Hal pertama yang harus dibahas adalah bagaimana menghadapi MEA dahulu, bagaimana menghadapi gempuran K-Pop itu yang perlu dipikirkan,” tuturnya.

Politisi PAN itu menegaskan, saat ini musisi memiliki payung hukum untuk melindungi hak cipta dan hak intelektual mereka dalam bentuk karya melalui undang-undang hak atas kekayaan intelektual.

“Apalagi dalam undang-undang itu sudah ada lembaga yang bisa menagih hak royalti musisi, jadi ini adalah kesempatan bagi musisi untuk berkembang dengan baik,” ungkapnya.

Belum lagi, dalam waktu dekat akan diajukan undang-undang musik yang juga mengatur tata kelola dunia musik termasuk perlindungan bagi musisi saat show dan standarisasi baik fasilitas maupun fee bermusik.

“Seniman musik belum punya itu, jadi ini yang akan kita dorong,” tandasnya.