Komitmen Jaga UN, Pengawas Sub Rayon 6 Tandatangani Pakta Integritas

0
40
Koordinasi sekolah di sub rayon 6 jelang pelaksanaan UN SMA (fia).jpg

MALANGVOICE – Jelang Ujian Nasional tingkat SMA, 4 April mendatang, para pengawas di Sub Rayon 6 Kepanjen, menggelar koordinasi dan penandatanganan pakta integritas di aula SMA Islam Kepanjen. Ada 9 sekolah yang turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Sekretaris Sub Rayon 6, Musoli Haris M.Pd menuturkan, penandatanganan pakta integritas tersebut merupakan bagian dari komitmen guru pengawas untuk bersedia menjaga rahasia dan kejujuran selama pelaksanaan UN pada 4-6 April mendatang.

“Pakta integritas ini yang menjadi salah satu persyaratan yang harus dipenuhi pengawas,” jelasnya.

Haris berharap, tahun ini salah satu sekolah di sub rayon 6 bisa berprestasi dalam hal integritas sehingga bisa dipanggil oleh presiden. Di tahun lalu, prestasi itu diraih oleh dua SMP di Kabupaten Malang, salah satunya SMPN 4 Kepanjen.

“Diharapkan tahun ini, salah satu dari sub rayon 6 juga bisa berprestasi,” harap dia.

Haris menjelaskan, ada dua indikator sekolah berintegritas yaitu jujur dalam pengerjaan soal dan memiliki nilai bagus, indikator kedua adalah pola sebaran jawaban salah dari siswa di sekolah yang bersangkutan.

“Kalau jawaban salahnya seragam, bisa dikatakan sekolah itu tidak jujur. Ada sekolah yang jujur tapi nilainya rendah, itu juga tidak bagus. Sehingga sekolah dan siswa harus berkomitmen mendapatkan nilai bagus dengan jujur,” pungkas Kepala Sekolah SMA Islam itu.