Komisi B Sesalkan BPBD Kurang Tanggap Bencana Puting Beliung

0
13
Kondisi rumah yang tertimpa puting beliung (fathul)

MALANGVOICE – Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Malang, M Fauzi, menyesalkan lambatnya penanganan bencana puting beliung yang terjadi di Desa Pamotan, Kecamatan Dampit, oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Menurutnya, dalam penanganan bencana, kesigapan tim sangat diperlukan. Apalagi bencana puting beliung di Kabupaten Malang tergolong sering, sehingga BPBD harus memiliki tim yang siap sedia.

“Kalau alasan fokus ke Gunung Bromo ya enggaklah. Kan BPBD ini punya peran vital. Harusnya ada pasukan cadangan di sana yang bergerak sewaktu-waktu dalam kondisi seperti ini,” jelas Fauzi.

Apalagi peristiwa itu terjadi kemarin, sehingga BPBD mestinya sudah menerima informasi itu. “Kantor BPBD di depan Kanjuruhan itu kan enak lokasinya, bisa cepat, karena jalannya lebar, koordinasi yang bagus,” tambah anggota dewan dari FPKB ini.

Ditanya apakah DPRD akan mengadakan kunjungan ke lokasi bencana, Fauzi belum berani memutuskannya. Ia akan membahasnya dengan komisi terlebih dahulu, menentukan jadwal yang sudah ditetapkan.