Komandan Marinir Indonesia dan Amerika Lari Siang Bersama di Cilandak

0
188
Komandan Marinir Indonesia dan Amerika Lari Siang Bersama di Cilandak
Komandan Marinir Indonesia dan Amerika Lari Siang Bersama di Cilandak

MALANGVOICE-Ada pemandangan cukup unik dan menarik terpampang pada acara kunjungan Komandan Marine Expeditionary Forces (MEF) III Letjen USMC Lawrence D Nicholson ke Bhumi Marinir Cilandak, Jakarta Selatan, Senin tadi.

Pemandangan itu terjadi saat Komandan Korps Marinir (Dankormar) Brigjen TNI (Mar) RM Trusono SMn mengajak tamu dan rombongannya lari siang mengitari markas Marinir, diikuti para pejabat utama dan ratusan prajurit Korps Marinir.

Meski cukup menguras tenaga, akan tetapi kegiatan lari bersama dadakan itu kian mengakrabkan suasana kekeluargaan antara pejabat Komandan Korps Marinir kedua negara.

Kunjungan Komandan MEF III yang merupakan bagian dari Marine Forces Pacific (Marforpac) yang bermarkas di Camp Coutney, Okinawa, Jepang, itu disambut dengan upacara militer di lapangan upacara ksatrian Marinir Hartono, melibatkan 4 batalyon upacara Marinir beserta material tempurnya yaitu batalyon upacara infanteri, Kavaleri, artileri, dan bantuan tempur Marinir, ditambah satu kompi bendera perang dan satu kompi pasukan khusus Marinir di bawah kendali Komandan Upacara Letkol Marinir A Adi Santoso yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Yonhowitser-2 Korps Marinir.

Upacara penyambutan diawali dengan manuver puluhan kendaraan tempur Korps Marinir yang melintas di depan tenda undangan dengan kecepatan tinggi dari kanan kiri lapangan upacara. Kendaraan-kendaraan tempur ini selanjutnya dengan cepat berformasi membentuk parade kendaraan tempur yang berjajar di sela-sela ratusan prajurit yang membentuk empat batalyon upacara.

Usai melakukan pemeriksaan pasukan, Letjen USMC Nicholson menerima cindera mata dari Komandan Korps Marinir berupa plakat dan wayang kulit, dan selanjutnya menyampaikan kesan dan pesannya kepada prajurit Korps Marinir TNI AL. Setelah melaksanakan foto bersama dengan para prajurit, Letjen USMC dan rombongan didampingi Dankormar serta pejabat utama Korps Marinir TNI AL berlari bersama mengitari ksatrian Marinir Cilandak.

Dalam kesan dan pesannya di hadapan prajurit Korps Marinir peserta upacara, Letjen Nicholson yang saat itu didampingi Ltc Jonathan Brown, Maj Kalem Harkema, Maj Drew Casci dan Ltc Koichi Takagi menyatakan rasa bangga dan terima kasihnya atas sambutan yang diberikan para prajurit Korps Marinir kepada rombongannya.

“Saya bangga dan salut kepada kalian. Kalian prajurit professional. Ke depan kami berharap, Korps Marinir Indonesia dan Amerika dapat lebih meningkatkan kerjasama terutama di bidang latihan,” ungkap Letjen USMC Nicholson.

Pada kunjungan itu, selain Dankormar, hadir pula Kepala Staf Korps Marinir Brigjen TNI (Mar) Kasirun Situmorang, Komandan Pasmar-2 Brigjen TNI (Mar) Hasanuddin, pejabat utama Mako Kormar, Wadan Pasmar-2, Dankolak Kormar Jakarta, para asisten, Dankolak serta Dansatlak Pasmar-2.