KNPI Kota Malang Beri Penghargaan Pemuda Berprestasi

0
10
KNPI Kota Malang Beri Penghargaan Pemuda Berprestasi
KNPI Kota Malang Beri Penghargaan Pemuda Berprestasi

 

MALANGVOICE- Bersamaan hadirnya Piala Adipura Kirana, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Malang juga memberikan apresiasi pada pemuda pemudi Kota Malang yang berperan aktif menciptakan lingkungan bersih dan nyaman, serta berinovasi tiada.

Tindakan konkret  KNPI itu diwujudkan dengan memberikan penghargaan kepada empat pemuda yang dinilai berkontribusi menciptakan lingkungan hidup menjadi lebih baik.

Dewanggara, Pengurus KNPI Kota Malang Bidang Lingkungan hidup, menjelaskan, penghargaan ini merupakan langkah awal KNPI dalam mengapresiasi peran pemuda.  “Ini langkah awal kami, dan kebetulan momennya bersamaan diraihnya Adipura Kirana,” tutur pria yang akrab disapa Dewa itu, beberapa menit lalu.

Penerima penghargaan dibagi menjadi empat kategori, kategori sosial kemasyarakatan kepada Dwi Kusbiantoro (Ketua Karang Taruna Kelurahan Tulusrejo), penggagas terciptanya lingkungan asri dan nyaman hingga mampu membawa kelurahan itu menjadi juara 1 tingkat Provinsi  sebagai Kampung Bersinar.

Ada juga kategori Edukasi dan Sosialisasi yang diraih kelompok kerja mahasiswa FISIP UMM jurusan Ilmu Komunikasi, yang diwakili Sulis Fitria dan Dinni. Mereka merupakan sosok di balik terciptanya Kampung Warna Warni Jodipan, yang kini mendapat apresiasi luas.

“Tujuan kami, selain tugas dari kampus, juga ingin merubah kawasan Jodipan yang kini terlihat indah, hingga warga merasa perlu menjaga kebersihan, dan kebiasaan membuang sampah di sungai menjadi hilang,” terang Sulis.

Untuk kategori ketiga, Entrepreuner, dianugerahkan kepada Rhezaldi Eka Dharmawan, mahasiswa Fakultas Teknik UB yang menciptakan karya dengan memanfaatkan limbah, seperti membuat pasta gigi dari limbah cangkang telur ayam. Karyanya juga mendapat apresiasi dan memenangkan kompetisi tingkat Internasional.

“Kategori keempat diberikan kepada Musyawaroh, mahasiswa UB, untuk kategori Teknologi Tepat Guna, karena berhasil mengelolah limbah organik dan anorganik berbasis Zerowaist,” lanjut Dewa.

Didampingi para pengurus KNPI lainnya, pria berkacamata itu menuturkan, pemberian penghargaan ini tidak berhenti hari ini saja. Dia berharap pemuda Kota Malang yang lain terinspirasi dan termotivasi untuk lebih berkembang lagi dan menghasilkan suatu karya bermanfaat lainnya.

“Kami tidak melangkah sendiri, tapi bersama seluruh anggota KNPI dan berbagai elemen serta komponen masyarakat lain, siap mewujudkan lingkungan hidup yang lebih baik,” pungkasnya.