KKN UMM 151: Bersih Sejak Dini, Awal dari Hidup Sehat

0
26
Cuci tangan bersama (anja)

MALANGVOICE – Bertempat di Kantin SDN Donowarih 02, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) 151 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar penyuluhan cuci tangan dan hidup sehat (27/8).

Acara bertemakan “Awali Hidup Sehatmu Sejak Dini” itu diikuti oleh 49 siswa-siswi kelas 1 dan 2 SD. Kelompok KKN 151 UMM merupakan kelompok KKN yang ditempatkan di Dusun Boro Tretes, Desa Donowarih, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang.

Ketua Divisi Kesehatan, Surya Pandu Firdiansyah, menyampaikan, acara itu merupakan salah satu bentuk dari pengaplikasian Program Kerja (Proker) divisi kesehatan. Tujuannya, agar siswa-siswi SD kelas 1 dan 2 sadar sejak dini akan pentingnya cuci tangan dan mau untuk membuang sampah pada tempatnya.

Lebih lanjut, rangkaian kegiatan dimulai pada pukul 08.00 pagi dan diawali dengan pemberian materi tentang bagaimana cara mencuci tangan yang benar dan pentingnya memisahkan sampah organik dan non-organik. Setelah itu, siswa-siswi SD akan diajak untuk mengumpulkan sampah di halaman sekolah sebelum akhirnya melakukan kegiatan cuci tangan bersama yang akan dipandu oleh anggota dari divisi kesehatan kelompok KKN 151 UMM.

Salah satu panitia, Muhammad Ridho, mengatakan, dalam kegiatan itu menuturkan kepada peserta bahwa kebersihan merupakan salah satu hal wajib yang harus selalu dijaga. Menurutnya, kegiatan itu sangat berguna untuk mengajarkan siswa-siswi SD dalam menjaga gaya hidup sehat.

“Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi siswa-siswi SD Satu Atap 02 Donowarih khususnya kelas 1 dan 2,” ujar perwakilan dari Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi itu.