KKN 75 UMM Bersihkan Fasilitas Ibadah Warga Desa Tawangrejeni Turen

0
141

MALANGVOICE – Pada beberapa tahun terakhir, di Desa Tawangrejeni, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, semangat masyarakat terlihat begitu besar dalam membangun fasilitas pelayanan masyarakat. Salah satunya pembangunan fasilitas ibadah seperti masjid dan mushola, yang hampir ada di setiap penjuru desa, bahkan berjarak sangat dekat satu sama lain.

KKN2

Sayangnya, pembangunan itu tidak diiringi perawatan. Sebagian besar masjid dan mushola di Desa Tawangrejeni tidak terlalu mendapat perhatian dalam hal perawatan, baik fasilitas maupun kebersihannya.

Menyikapi itu, kelompok KKN 75 dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berinisiatif melakukan pembersihan rutin terhadap keseluruhan fasilitas masyarakat, khususnya masjid dan mushola sebagai fasilitas ibadah masyarakat.

Kegiatan itu rutin dilakukan bergilir dari satu mushola ke mushola lain, serta satu masjid ke masjid lainnya. Tercatat ada lebih dari 10 mushola dan masjid yang dibangun di Desa Tawangrejeni. Kegiatan pembersihan itu dilakukan pada pagi hari setelah Sholat Subuh.

KKN3

Hari ini, Jum’at (29/7), Masjid Tawangrejeni Darussalam giliran dibersihkan, meliputi pembersihan fasilitas masjid seperti pencucian tirai, karpet, lantai masjid dan tempat wudhu serta penyediaan alat baca tulis Al-qur’an. Pengurus masjid, Abdul Karim (50), bersama masyarakat menyambut positif dengan apa yang dilakukan para mahasiswa itu.

Tak sebatas melakukan pembersihan saja, mahasiswa KKN 75 UMM juga berinisiatif melakukan optimalisasi peran masjid dan mushola di Desa Tawangrejeni. Dikoordinir Divisi Keagamaan, KKN 75 UMM turut serta melakukan pengajaran BTQ (Baca Tulis Al-Qur’an) pada anak-anak di Desa Tawangrejeni, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang.