KKN 36 UMM 2016 Peduli Kesehatan Bayi dan Ibu Hamil

0
36
Masyarakat dusun Kampung Anyar desa Ngadirejo mulai mendatangi posyandu dan acara penyuluhan MP-ASI dan MP-Bumil

MALANGVOICE – Sehat itu mahal, itulah jargon di dunia kesehatan. Divisi kesehatan sebagai bagian dari kelompok Kuliah Kerja Nyata 36 Universitas Muhammadiyah Malang 2016 melakukan kegiatan penyuluhan sebagai bentuk kepeduliannya terhadap warga Desa Ngadirejo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang.

Pemberian vaksin, yang wajib dilakukan sesuai dengan umur balita
Pemberian vaksin, yang wajib dilakukan sesuai dengan umur balita
Kegiatan dilakukan pada tanggal 2- 3 Agustus 2016 dimulai pada pukul 09.00 WIB. Penyuluhan tersebut mengenai Makanan Pendamping Air Susu Ibu (ASI) dengan harapan semakin bertambahnya usia bayi dan juga balita kebutuhan gizinya tetap terpenuhi dengan baik. Kegiatan penyuluhan dilaksanakan dua kali, yakni di Dusun Kampung Anyar, dan Dusun Krajan.

Penyuluhan dimulai setelah bayi dan balita selesai melakukan penimbangan berat badan, imunisasi, dan vaksin sesuai umur yang dilakukan oleh Bidan Maria Susilowati, Amd. Keb selaku bidan pengelola Polindes Desa Ngadirejo.

Rika Desiananda, Mahasiswi jurusan Farmasi Universitas Muhammadiyah Malang, penanggung jawab program kerja dari divisi kesehatan KKN 36 mengatakan, tujuan dari kegiatan penyuluhan MP-ASI merupakan kekhawatiran akan gizi bayi dan balita yang kurang terpenuhi.

“Harapannya mendatang, ibu-ibu lebih mengerti lagi tentang gizi balitanya, agar gizi anaknya bisa terpenuhi dengan baik, dan juga mengalami tumbuh kembang yang lebih baik lagi, yang tentunya akan berpengaruh baik bagi kehidupan selanjutnya,” jelas Rika.

Kegiatan penyuluhan diakhiri dengan pemberian biskuit Makanan Pendamping ASI oleh anggota KKN36 UMM 2016 kepada warga
Kegiatan penyuluhan diakhiri dengan pemberian biskuit Makanan Pendamping ASI oleh anggota KKN36 UMM 2016 kepada warga
Penyampaian penyuluhan makanan pendamping ASI ini disampaikan oleh M.Ilham Akbar sebagai mahasiswa semester VII jurusan kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang. Setelah penyampaian materi penyuluhan, dilanjutkan oleh demo bagaimana pembuatan makanan pendamping asi, menggunakan biskuit MP-ASI. Biskuit MP-ASI ini diberikan oleh Kemenkes berupa 10 kardus biskuit MP – ASI dan 5 kardus biskuit ibu hamil.

Tentunya bantuan dari Kemenkes ini ikut membantu menyukseskan jalannya program penyuluhan MP-ASI di Desa Ngadirejo.
Masyarakat, khususnya ibu-ibu dan balita sangat antusias dengan kegiatan penyuluhan. Apalagi ada interaksi yang aktif berupa tanya jawab antara pemateri dengan masyarakat. Tentunya, KKN 36 juga memberikan dorprize bagi masyarakat yang antusias bertanya. Di akhir acara, para ibu-ibu dan balita mendapatkan biskuit MP-ASI , dan bagi ibu hamil diberikan biskuit pendamping.