KKN 133 UMM Bantu Lansia Memperhatikan Kesehatan di Wagir

0
195
Penyuluhan kesehatan dari Divisi kesehatan KKN 133 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). (istimewa)
Penyuluhan kesehatan dari Divisi kesehatan KKN 133 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). (istimewa)

MALANGVOICE – Divisi kesehatan KKN 133 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), menggelar serangkaian acara yang ditujukan untuk mengawal, dan menaikkan kualitas kesehatan lansia di Desa Pandanrejo, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang.

Kegiatan itu atas kerja sama anggota KKN 133 UMM dengan Posyandu Lansia Desa Pandanrejo dan bidan desa setempat.

Kepala Divisi Kesehatan, Adib Danurdipta, mengatakan, dalam kegiatan itu para lansia mendapat check up tekanan darah, pengukuran berat dan tinggi badan. Para pasien juga ditanya keluhannya sebelum diberi obat. Semua kegiatan itu gratis alias tanpa dipungut biaya.

“Rata-rata keluhan yang di alami lansia di desa ini yaitu linu-linu, pusing, gula darah dan tekanan darah tinggi karena hipertensi,” ujar mahasiswa Fakultas Kedokteran UMM.

“Selain memberi obat, ada edukasi juga biar menjauhi makanan yang menjadi pantangan seperti jeroan, ikan asin, emping,” tambah Adib.

Para warga sangat antusias sekali mengikuti acara itu. Terlihat jelas antusias warga ketika mereka berbondong-bondong dan saling menjemput untuk berangkat bersama ke posyandu, mereka juga sangat semangat mengikuti senam yang dipandu oleh Ibu Susi.

“Saya berterima kasih sekali kepada teman-teman KKN 133 UMM yang mau mengadakan acara seperti ini disini” ujar Ibu Wiwin salah satu kader posyandu lansia.

Selain itu, tim divisi kesehatan KKN 133 UMM juga masuk ke majelis-majelis ta’lim dan kelompok PKK yang ada di Desa Pandanrejo untuk memberikan penyuluhan tentang kanker serviks, vaginitis, kanker payudara dan HIV Aids.

Diharapkan dari rangkaian demi rangkaian acara dapat megedukasi masyarakat Desa Pandanrejo, Wagir agar bisa meningkatkan kualitas diri dan mewujudkan hidup sehat dan bermanfaat.