KKN 130 UMM, Sosialiasikan Bahaya Narkoba Bagi Generasi Bangsa

0
56

MALANGVOICE – Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) 130 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Malang menggelar sosialiasi narkoba. (10/8)

Sosialiasi itu bertajuk ‘Bahaya Narkoba Bagi Generasi Bangsa’, merupakan program kerja gabungan Divisi Kesehatan dan Divisi Pendidikan. Diadakan di Aula SMK Dharma Wanita Kromengan dan diikuti oleh 80 siswa.

Pemateri dari BNN, Endah Kristianingsih menjelaskan, sosialiasi bahaya narkoba merupakan kegiatan rutin yang digelar oleh BNN. Indonesia merupakan salah satu Negara yang darurat narkoba. Jika dispesifikasikan di daerah Kabupaten Malang, Kromengan juga merupakan daerah yang rawan peredaran narkoba. Perlu adanya sosialiasi dan pengarahan terkait narkoba, jenisnya dan dampak bagi kesehatan dan lingkungan sosial.

Berdasarkan laporan yang diterima BNN, kebanyakan pengguna narkoba adalah kalangan remaja dan siswa. Pihak BNN juga memberikan pengarahan terhadap penanggulangan narkoba, seperti langsung melapor dan akan diberikan pengarahan dan selajutnya direhabilitasi ditempat yang sudah disediakan oleh pihak BNN.

“Salah satu pencegahan adalah dengan sosialisasi, jika telah mencoba maka akan direhabilitasi dan dibina,” ujar Kepala Sub Bidang UMM BNN Kabupaten Malang.

Aris Setiawan, Hubungan Masyarakat (Humas) SMK Dharma Wanita Kromengan menuturkan, sosialiasi bahaya narkoba penting dilakukan bagi siswa. Hal itu dikarenakan, narkoba mulai memasuki kehidupan remaja dan mengganggu kegiatan.

Remaja merupakan generasi muda bangsa, maka bahayanya penting diketahui agar remaja terhindar dari jeratan narkoba.

“Pelajar SMK kelas XII ini merupakan sasaran tepat karena akan terjun langsung kepada masyarakat,” ujarnya.

Angzala Wildarukhu selaku ketua pelaksana mengatakan, tujuan kegiatan itu adalah untuk membentuk pola perilaku dan berpikir remaja dalam menanggapi penyalagunaan narkoba. Sosialisasi narkoba juga merupakan agenda wajib bagi kelompok KKN dalam rangka mendukung program kerja rutin dari BNN. Mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Sipil Fakultas Teknik (FT) UMM itu berharap, kegiatan ini dapat membantu masyarakat Kromengan terutama remaja agar dapat menjauhi narkoba dan menanggulangi narkoba dengan bijaksana.